Minggu, 25 Oktober 2009

Munculnya Fansub Indonesia

Munculnya Fansub Indonesia

Image
Seiring dengan perkembangan fansub anime di dunia, pernahkah terlintas dipikiran kita ada tidak sih Fansub di Indonesia ?

Pasti kebanyakan dari kita tidak menyangka keberadaan Fansub Indonesia. Banyak yang beranggapan bahwa untuk membentuk Fansub itu tidak gampang, butuh sumber daya dan keahlian.
Padahal rata rata fansub itu muncul karena hobi. Keahlian ? ya muncul juga karena hobi.

Sebagaimana telah dijelaskan pada artikel indoanime yang terdahulu mengenai Fansub, motivasi Fansub adalah dari fans untuk fans, tidak ada unsur komersil karena mendistribusikan anime tidak terlisensi yang telah mereka olah dengan teks bahasa masing masing.

Lalu Bagaimana dengan keberadaan Fansub di indonesia? Ada tidak sih ?
Pertanyaan tersebut pasti sering terlintas bagi para kolektor anime khususnya yang mendapatkannya dari Fansub baik download maupun dari "penjual Fansub". Sekitar beberapa tahun yang lalu pernah terdengar kabar adanya Fansub Indonesia, namun saya sendiri belum bisa membuktikan kebenarannya. Hampir semua orang tidak percaya saat diberitahu bahwa Fansub Indonesia itu ada. Maklum karena memang sangat jarang keberadaannya.

Sebuah Fansub seperti [Tristan] milik mas Idban Secandri bisa dijadikan sebuah contoh eksistensi Fansub Indonesia. Fansubber [Tristan] yang namanya diambil dari nama putra mas Idban hanya dikerjakan oleh beberapa orang saja untuk penyediaan RAW, editing dan encoding. [Tristan] mengerjakan fansub untuk anime Samurai 7. Contoh cuplikan dari Fansub [Tristan] bisa kamu lihat di segmen Download (Opening Theme Samurai 7).

Memang belum banyak anime yang disub oleh Fansub [Tristan], tapi ini suatu langkah yg bagus untuk memulai bukan ?

2 komentar:

  1. ada kok fansub indonesia ^^
    http://www.aleki.co.cc/

    BalasHapus
  2. Saya juga! ^^
    http://senogakure.blogspot.com/

    BalasHapus