Minggu, 25 Oktober 2009

Kaomoji dan kreativitas netters Jepang

Kaomoji dan kreativitas netters Jepang

ImageBuat yang sudah sering jelajah forum/milis di internet pasti dah kenal ama yang namanya emotikon. Yup, karena pada saat berkomunikasi lewat internet, seringkali kita sulit menyampaikan perasaan kita kpd lawan2 bicara kita di net. Maka para netters pun mulai menciptakan bentuk2 ekspresi wajah yang direpresentasikan dengan karakter-karakter ASCII yang mudah untuk diketikkan ke layar komputer.

Pasti temen2 dah pada tahu sama emotikon yang kayak :P, :), atau :D. Emotikon2 miring kayak gitu kebanyakan adalah produk netters dari barat. Tapi, selain itu ada lagi yang juga kita kenal tapi ngga pake miringin kepala buat ngeliatnya kayak (^_^) atau (^-^). Lebih manis dan ekspresif 'kan. Nah yang belakangan itu adalah hasil budaya dan kreativitas para netters dari jepang dan mereka menyebutnya dengan Kaomoji (kao=muka;moji=huruf).

Mari mulai dengan perkembangan sejarah pemakaian komputer oleh masyarakat jepang. Sejak masa-masa akhir dekade 1980-an, di jepang penduduknya sudah mulai berkomunikasi dengan menggunakan e-mail dan BBS, walaupun homepage belum dipakai secara umum oleh masyarakat jepang kala itu (hebat yah, indonesia masih ngapain tuh jaman kayak gitu). Pada saat itu komunikasi dengan komputer masih terbatas antar para pengguna provider net yang sama. Jadi misalnya klo kamu adalah pengguna layanan provider A, maka kamu hanya bisa berkomunikasi dengan orang laen yg juga make layanan dari provider A tsb. Klo ingin berkomunikasi dengan pelanggan di provider B misalnya, belum bisa dilakukan. Jadi masing-masing provider memiliki jaringan intranetnya sendiri-sendiri. Nah mulai saat itulah di antara para pengguna layanan komunikasi lewat komputer di Jepang berkembang penggunaan kaomoji.

Ini beberapa contoh kaomoji yang lain:

(^-^) (^_^) (n_n) = senyum
(^0^) (^O^) = tertawa
(*_*) (@_@) = kaget
(T_T) (i_i) = nangis
(>_<) = ouch (sakit)
(^_-) = wink (berkedip sebelah mata)
(u_u) = tidur
m(_ _)m = mohon maaf (dengan membungkuk)
(^_^)/~ = selamat jalan ('/~' berarti melambaikan sapu tangan)

Selain yang sudah ditunjukkan di atas masih ada banyak lagi. Dan saat ini, untuk mempersingkat seringkali tanda kurung di luar dihilangkan dan menjadi hanya ^_^ atau n_n. Selain dengan tulisan ASCII, ada banyak lagi yang ditulis dengan font khusus Jepang yang tentunya ngga bisa gw tulis di sini (gw juga ngga tahu, hehehe). Mengapa kaomoji sangat berkembang di jepang? Mungkin karena sudah banyak contohnya dalam manga/anime jepang di mana ekspresi wajah bisa digambarkan dengan sedikit goresan saja. Misalnya perhatikan dalam manga doraemon saat mata menutup separo dan bola mata tertutup kelopak sebagian untuk menandakan kemarahan atau pada manga meitantei conan saat bola mata mereka menjadi titik hitam saja untuk menandakan rasa malu, atau bisa juga dengan menghilangkan gambar mata diganti dengan goresan garis2 saja. Jadi menggambarkan ekspresi dengan tanda sudah menjadi budaya bagi orang2 jepang sejak jaman doraemon dulu ^_^.

Dan ini,
d(^_^) = acungan jempol
y(^_^) = Victory sign
adalah kaomoji yang dibuat oleh Pak ISHIZAWA Takeshi, yang telah menuliskan esai singkat tentang kaomoji yang saya sadur menjadi tulisan di atas. Simak juga tulisan-tulisan beliau lainnya yang menarik di situsnya http://www.02.246.ne.jp/~semar/index.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar